(streaming Gibel Fm) DENGARKAN Yuk

Get the Flash Player to hear this stream.

Kenali Puasa pada Anak

MUARO JAMBI Bagi anak-anak, bulan Ramadan tidak jauh berbeda dengan bulan lainya, belum banyak yang dipahami mengenai bulan Ramadan, dan apa saja kewajiban yang dilakukan umat muslim, serta keutamaan bulan Ramadan. Untuk itu, pada momen Ramadan ini TK Istiqomah menambah pembelajaran yang berkaitan dengan bulan Ramadan. Anak-anak dikenalkan dengan berpuasa pada bulan Ramadan, sholat taraweh maupun sholat witir.
“Pengenalan berpuasa di bulan Ramadan penting diberikan kepada anak sejak dini, meskipun untuk menjalankannya secara penuh, anak-anak belum bisa melakukannya,” ujar Fatmawati, kepala Istiqomah.

Menurutnya, secara bertahap, pihaknya memberikan pemahaman kepada anak, mengenai apa saja yang diperbolehkan dan tidak diperbolehkan ketika melakukan puasa, serta bagaimana pahala yang didapatkan orang yang berpuasa.

Dengan hal tersebut, dengan sendirinya anak bisa mengerti bagaimana berpuasa di bulan Ramadan, apalagi ketika berada di rumah, didukung dengan lingkungan keluarga yang juga menjalankan puasa, sehingga anak cepat untuk mengerti tentang puasa.

Ia katakan, orang tua memiliki peran yang sangat penting untuk mengenalkan bagaimana berpuasa di bulan Ramadan, karena, waktu yang dihabiskan anak sebagian besar dihabiskan di rumah. Dan yang tidak kalah penting, orang tua juga mau melatih anaknya mempraktekkan berpuasa. Menurutnya, orang tua harus bisa memberikan motivasi kepada anak untuk ikut melaksanakan puasa, meski tidak harus sehari penuh. Namun, setidaknya anak sudah mengetahui apa itu puasa dan bagaimana menjalankannya.


“Misalkan, pada hari pertama, anak-anak berpuasa hingga jam 9 pagi, kemudian hari kedua hinga jam 11 dan jika masih kuat bisa terus ditingkatkan. Yang jelas orang tua tidak memaksa untuk ikut berpuasa, yang penting mengenalkan dan mengajarkan, karena pada usia TK memang belum wajib untuk berpuasa,” sebutnya. Selain mengenalkan ibadah puasa kepada anak, menurut Fatmawati, pihaknya mengajarkan mengenai aturan maupun cara berdo’a ketika berniat berpuasa ataupun do’a ketika akan berbuka puasa. Dirinya berharap, dengan adanya pengenalan puasa sejak dini kepada anak-anak, nantinya ketika sudah besar nanti, sudah memiliki bekal ilmu agama dan bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.




Related Articles

0 comments:

Post a Comment

Popular

Powered by Blogger.

Streaming dan Facebook

Selamat Datang di radio gibel fm 99.7 sumber informasi, hiburan dan pendidikan dapat didengar lewat streaming dan Facebook; email radiogibelfm@gmail.com

Gadgets

Tunggu Untuk Download Hingga DETIK

About us