(streaming Gibel Fm) DENGARKAN Yuk

Get the Flash Player to hear this stream.

Polemik Pulau Berhala

MUAROJAMBI – Sengketa Pulau Berhala antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi dan Kepulauan Riau (Kepri) yang kini ditentukan nasibnya di Mahkamah Konstitusi (MK), seakan menggantung. Pasca-penyampaian kesimpulan dari kedua belah pihak, MK belum memberikan agenda lanjutan. 

Sengketa Pulau Berhala yang terjadi puluhan tahun ini, menyebabkan kedua provinsi merugi. Khusus Jambi disebut cukup banyak kerugian. Ketidakjelasan status pulau itu membuat kucuran dana APBD Provinsi Jambi yang diperuntukan untuk pembangunan dan kesejahteraan masyarakat, menjadi terhambat. Ini dimuatkan Provinsi Jambi dalam lampirkan kesimpulan sidang MK itu. Sementara Kepri disebut tidak menjelaskan secara pasti bentuk kerugian, mereka hanya mengklaim PAD mereka hilang akibat sengketa. 

Sementara itu, Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Gamawan Fauzi ketika di Jambi meminta semua pihak harus tunduk jika MK sudah menhambil keputusan nantinya. ‘’Semua pihak harus tunduk putusan MK," kata Gamawan Fauzi. Konflik kepemilikan Pulau Berhala ini sudah berlangsung sejak tahun 1986 pada era gubernur Jambi dipimpin Maschun Sofwan. Berlanjut di era gubernur dijabat Abdurahman Sayoeti dan gubernur dijabat Zulkifli Nurdin yang tak kunjung turun penyelesaiannya.

Dimana, awal masalahnya adalah memang ada beberapa undang-undang yang saling bertentangan terkait Pulau Berhala ini. Pada UU Nomor 54/1999 tentang pembentukan Kabupaten Tanjungjabung Timur, Kabupaten Muarojambi, Kabupaten Sarolangun dan Kabupaten Tebo, secara tegas dinyatakan jika Pulau Berhala masuk ke wilayah administrasi Kabupaten Tanjungjabung Timur. Begitupula di UU Nomor 25/2002 tentang pembentukan Provinsi Kepulauan Riau. Baru di Undang-Undang Nomor 31 tahun 2003 tentang pembentukan Kabupaten Lingga, secara tersirat dinyatakan jika Pulau Berhala masuk ke wilayah Kabupaten Lingga

Related Articles

0 comments:

Post a Comment

Popular

Powered by Blogger.

Streaming dan Facebook

Selamat Datang di radio gibel fm 99.7 sumber informasi, hiburan dan pendidikan dapat didengar lewat streaming dan Facebook; email radiogibelfm@gmail.com

Gadgets

Tunggu Untuk Download Hingga DETIK

About us