(streaming Gibel Fm) DENGARKAN Yuk

Get the Flash Player to hear this stream.

Harga Sawit Rp 500 sampai RP 600 per kilogram.

Harga kelapa sawit yang merupakan komoditas unggulan Provinsi Jambi tiap pekan terus mengalami penurunan. Petani, paling merasakan dampaknya.

Ketua Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) Jambi, Muhammad ketika dikonfirmasi mengatakan harga sawit memang sedang turun. Kata dia, turunya harga sawit plasma sangat berpengaruh terhadap petani sawit non-plasma (Swadaya). 

Saat ini, harga sawit petani non-plasma sudah dibawah Rp 1.000 per kilogram. Malah petani ada yang menjual sawit Rp 500 sampai RP 600 per kilogram. 

"Ya memang kasihan bagi petani non-plasma, harga sudah ada yang jual Rp 500 sampai Rp 600 per kilogramnya, itu dihitung jauh dekatnya pabrik kelapa Sawit (PKS)," jelasnya, kemarin.

Sehubungan dengan hal ini, Apkasindo menyarankan agar petani swadaya atau non plasma segera membentuk mitra. Hal ini tentu akan mempengaruhi terhadap penjualan sawit di berbagai perusahaan. Karena dengan banyaknya stok sawit, sedangkan permintaan menurun, tentu perusahaan akan lebih membeli sawit plasma yang sudah menjadi mitra mereka.

Sementara itu sejumlah warga Sungai Bahar yang tergabung dalam petani sawit, para kades dan dinas perkebunan yang ada di Kecamatan Sungai bahar mendatangi rumah dinas Gubernur Jambi Hasan Basri Agus, Rabu (21/11).

Kedatangan para perwakilan petani sawit sungai Bahar sekitar pukul 6.00 pagi itu menuntut kebijakan gubernur terkait perbedaan harga sawit yang dibeli perusahaan di daerah itu. Yang menurut ketentuan harga provinsi jauh berbeda.

"Kita meminta kebijakan Gubernur Jambi tentang rendahnya harga sawit yang dibeli perusahaan yang tidak sesuai dengan harga TBS provinsi," ujar Kades Marga Mulia Sungai Bahai

Related Articles

0 comments:

Post a Comment

Popular

Powered by Blogger.

Streaming dan Facebook

Selamat Datang di radio gibel fm 99.7 sumber informasi, hiburan dan pendidikan dapat didengar lewat streaming dan Facebook; email radiogibelfm@gmail.com

Gadgets

Tunggu Untuk Download Hingga DETIK

About us