(streaming Gibel Fm) DENGARKAN Yuk

Get the Flash Player to hear this stream.

Upah minimum provinsi (UMP) tahun 2013 Provinsi Jambi

Upah minimum provinsi (UMP) tahun 2013 Provinsi Jambi, telah ditandatangani Gubernur Jambi. Besaran upah telah ditentukan sebesar Rp 1,3 juta, dengan kenaikan sekitar 13,87 persen dibanding upah tahun 2012, yaitu Rp 1.143.500.
DPRD Kota Jambi meminta pemerintah menaikkan UMP Provinsi Jambi menjadi Rp 1,5 juta dengan pertimbangan angka ini lebih layak bila dibandingkan dengan kondisi nilai kebutuhan pokok masyarakat saat ini.
Terkait ini, pihak Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jambi menyatakan angka tersebut tidak dapat mengalami perubahan lagi karena telah menjadi kesepakatan.
"Ini tidak bisa lagi mengalami perubahan. Ini kan sudah kesepakatan pihak buruh dan pengusaha," ujar Kadis Sosnakertrans Provinsi Jambi Harris AB, via telepon seluler, Rabu (7/11) siang. Gubernur Jambi Hasan Basri Agus, menurut Harris, telah menyetujui dan menandatangani surat untuk besaran upah tersebut.
Kemarin, pihaknya pun telah melaporkan besaran angka tersebut ke Pemerintah Pusat. "Hari ini (kemarin; red) sudah diantar ke Jakarta untuk dilaporkan. Setelah itu kan ditetapkan Pak Gubernur," katanya. "Kalau DPRD Kota yang nggak setuju itu berarti nggak ngerti. Ini kan kesepakatan serikat buruh dan pengusaha sudah tentukan. Pemerintah memfasilitasinya," lanjutnya.
Beberapa waktu lalu, rapat Dewan Pengupahan Provinsi Jambi telah dilakukaan. Setelah besaran UMP disepakati, angka tersebut kemudian diajukan ke Gubernur Jambi untuk mendapat persetujuan. "UMP ini baru mulai berlaku mulai 1 Januari 2013 nanti," lanjutnya. Lima tahun terakhir, disebutkan Harris AB, besaran UMP mengalami peningkatan.
Pada tahun 2008, upah provinsi Rp 720-an ribu, tahun 2009 naik menjadi Rp 800-an ribu, tahun 2010 Rp 900-an ribu, tahun 2011 Rp 1,028 juta, tahun 2012 Rp 1,143.500 juta, dan tahun 2013 nanti jadi Rp 1,3 juta. "Kenaikan tahun lalu 11,11 persen. Tahun depan naik 13,87 persen," pungkasnya

Related Articles

0 comments:

Post a Comment

Popular

Powered by Blogger.

Streaming dan Facebook

Selamat Datang di radio gibel fm 99.7 sumber informasi, hiburan dan pendidikan dapat didengar lewat streaming dan Facebook; email radiogibelfm@gmail.com

Gadgets

Tunggu Untuk Download Hingga DETIK

About us