(streaming Gibel Fm) DENGARKAN Yuk

Get the Flash Player to hear this stream.

Banjir Muaro Jambi


Di Kabupaten Muarojambi, akibat banjir, 3.000 lebih warga mengungsi. Warga terpaksa tinggal di tempat keluarga dan tetangga yang rumahnya tidak terkena banjir.
Pantauan kemarin, banjir telah mengenangi rumah warga hingga kedalaman 2 meter. Sehingga rumah sudah benar-benar tidak bisa ditempati lagi. Hanya warga yang memiliki rumah bertingkat saja yang masih mencoba bertahan.
Selain itu, genangan air yang telah menutup jalan, membuat perekonomian warga di enam kecamatan lumpuh total. Sebab, warga tak bisa bepergian untuk bekerja seperti biasa.
M Zakir, Kepala BPBD Kabupaten Muaro Jambi mengatakan, diperkirakan air masih akan meningkat. Sebab, banjir di Kabupaten Batanghari masih tinggi. “Jadi air yang turun nantinya, akan lebih besar lagi dari saat ini. Karenanya warga kami minta waspada dan bersiap diri,” ujarnya.
Selain rumah, total 24 hektar tanaman sayur warga di berbagai wilayah terendam. Tak hanya itu, 108 hektar sawah dan 1.005 hektar kebun terendam banjir. Banjir juga membuat jalan sepanjang 17.700 meter sudah tidak bisa digunakan karena tertutup genangan air.
Jalan-jalan yang terendam kebanyakan jalan desa. Sehingga untuk saat ini, transportasi di beberapa desa telah lumpuh total. Seperti misalnya Desa Kedotan, Tantan, dan beberapa desa di seberang ibu kota kabupaten. Sebab, perahu ketek saat ini mulai jarang beroperasi, sementara jalan desa selain rusak juga terendam banjir.
Sementara itu, Kepala Dinas Sosnakertran Muaro Jambi Nacrowi mengatakan, pihaknya akan segera mengeluarkan bantuan untuk korban banjir. “Kita tidak akan menuggu Siaga 1, secepatnya kita akan menurunkan bantuan ke korban banjir ini,” janjinya.
Nantinya, Kecamatan Jaluko akan menjadi daerah prioritas penyerahan bantuan. Sebab, pada bencana banjir beberapa waktu lalu, kawasan tersebut terakhir menerima bantuan. Selain itu, Jaluko yang pertama terkena banjir. “Untuk jumlah bantuan masih kita data dulu,” ujarnya.

Related Articles

0 comments:

Post a Comment

Popular

Powered by Blogger.

Streaming dan Facebook

Selamat Datang di radio gibel fm 99.7 sumber informasi, hiburan dan pendidikan dapat didengar lewat streaming dan Facebook; email radiogibelfm@gmail.com

Gadgets

Tunggu Untuk Download Hingga DETIK

About us