(streaming Gibel Fm) DENGARKAN Yuk

Get the Flash Player to hear this stream.

Di Balik Semboyan Sepucuk Jambi Sembilan Lurah

Bicara sejarah, mungkin hanya sebagian masyarakat yang mengerti. Pun Jika ada kebanyakan masyarakat hanya mengetahui melalui buku-buku dan referensi lainnya. Misalnya, sejarah Provinsi Jambi hampir sebagian masyarakat belum mengetahui secara pasti sejarah tersebut.
Berikut catatan kecil seorang pemerhati sejarah dan pemerintahan Jambi, H Zaihifni Ishak (Daun Sekejut).
Dalam catatan kecil pria yang kini berumur 80 tahun itu, ada pertanyaan pertama tentang apa makna Sepucuk Jambi Sembilan Lurah itu sebenarnya?
Menurut dia, semboyan Sepucuk Jambi Sembilan Lurah, adalah satu kalimat yang tidak bisa dipisah karena istilah itu merupakan suatu satu kesatuan. Istilah Sepucuk Jambi Sembilan Lurah sebenarnya berasal dari perkataan Kepoentyak Djambi Sembilan Loerah.
“Kepoentjak Jambi Sembilan Loerah itu ialah suatu daerah sebelah atas dari daerah tujuh koto dan sembilan koto. Jadi, daerah Kepoentjak Djambi Sembilan Loerah itu termasuk Kerajaan Jambi pada zaman dahulu. Tetapi sekarang tidak masuk ke dalam Provinsi Jambi. Bahkan, menyebutkan Sepucuk Jambi Sembilan Lurah sama dengan Provinsi Jambi sekarang adalah suatu kesalahan besar,” cetusnya.
Masih dalam catatannya, terkait Meriam Si Jimad dan Gong Sitimang Jambi. Kata dia Meriam Si Jimad adalah lambang Suku Kedipan (Orang Kayo Kedataran) yang bertempat tinggal di Petajen. Sedangkan Gong Setimang Jambi adalah lambang bangsawan suku perban yang diketuai oleh Orang Kayo Pingai.
“Yang bertempat tinggal di Jebus. Andai kata ada orang yang mengatakan Meriam Si Jimad dan Gong Sitimang Jambi adalah lambang Kota Madya Jambi, perlu ditanyakan kepada orang yang membuat lambang Kota Madya itu,” katanya.
Berikutnya, kata dia terkait yang dikatakan Kerajaan Jambi. Menurut dia, yang termasuk Kerajaan Jambi dulu adalah VII Koto dan IX Koto, Jebus, Air Hitam, Petajen, Marosebo dan Pucuk Jambi Sembilan Lurah.
“Dengan demikian berarti Sepucuk Jambi Sembilan Lurah itu adalah sebagian Kerajaan Jambi dulu dan juga Pucuk Jambi Sembilan Lurah itu tidak identik dengan Provinsi Jambi saat ini,” tulisnya.
Terakhir, kata Daun Sekejut terkait asal mula kata Jambi. Menurut cerita, ada seorang putri yang bernama Putri Pinang Masak diikuti oleh ketiga saudaranya datang ke tempat yang sekarang, bernama Kota Jambi.
Pada waktu itu, nama tempat itu bukanlah Jambi. Di bawah pimpinan Putri Pinang Masak, kerajaannya makin makmur, pedagang-pedangan keliling menyebarkan keharuman ke mana-mana. Di antara pedagang-pedagang itu ada yang datang dari Mataram. Setelah ia kembali ke Mataram iya menceritakan kekagumannya atas kecerdasan Putri Pinang Masak.
Raja Mataram setelah mendengar cerita itu menyebutnya dengan nama Putri Djambe. Sejak itu kerajaan itu juga disebut Kerajaan Jambe. “Jadi, kata Jambi itu berasal dari kata Jambe yang di dalam bahasa Jawa artinya pinang,” cetusnya.
Lebih lanjut ia menjelaskan,  pada mulanya kerajaannya yang dinamakan Jambe  berubah juga ibukotanya menjadi Jambe. “Itulah sebabnya Jambi menjadi nama provinsi dan juga Jambi menjadi nama ibukota provinsi,” katanya.
Sekarang pertanyaanya, kapan berdirinya Kerajaan Jambi itu dan kapan munculnya nama ibukota Jambi. Menurut dia, hingga kini belum ada data-data yang bisa dipegang untuk menentukan kapan timbulnya Kota Jambi itu. Perlu diketahui bahwa tulisan-tulisan controller dan residen pada zaman Belanda, didasarkan kepada pendengarannya dari omongan-omongan rakyat biasa.
“Kita tidak bisa atau belum bisa menentukan dengan tepat kapan tanggal pasti tercetusnya nama “Jambi” itu, baik untuk provinsi ataupun Kota Jambi,” sebutnya.
“Mungkin nanti pada suatu masa ada orang yang dapat menunjukkan bukti-bukti baik berupa tulisan maupun dengan seloko adat dan maupun dengan tembo-tembo lama. Yang dapat kita pegang sebagai data yang akurat untuk menentukan permulaan timbulnya kata Jambi untuk provinsi maupun untuk Kota Jambi,” tutupnya.

Related Articles

0 comments:

Post a Comment

Popular

Powered by Blogger.

Streaming dan Facebook

Selamat Datang di radio gibel fm 99.7 sumber informasi, hiburan dan pendidikan dapat didengar lewat streaming dan Facebook; email radiogibelfm@gmail.com

Gadgets

Tunggu Untuk Download Hingga DETIK

About us