(streaming Gibel Fm) DENGARKAN Yuk

Get the Flash Player to hear this stream.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Muaro Jambi pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Muaro Jambi tahun 2017 membutuhkan sebanyak 5.880 orang di 840 tempat pemungutan suara (TPS)

SENGETI-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Muaro Jambi pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Muaro Jambi tahun 2017 membutuhkan sebanyak 5.880 orang di 840 tempat pemungutan suara (TPS). ‘’Sesuai Peraturan KPU RI tentang tahapan program dan jadual, tahap pembentukan dan perekrutan anggota KPPS dimulai sejak 15 November 2016, lalu hingga 14 Januari 2017, mendatang. KPU Muaro Jambi sudah umumkan dan sedang dalam tahapan sosialisasi ke masyarakat,’’ kata Ketua Divisi Teknis KPU Kabupaten Muaro Jambi, Suparmin, SH MH, kemarin.
          Dijelaskannya, sesuai dengan pengumuman Nomor 408/KPU-KAB 005.435331/XI/2016 tentang pembentukan & perekrutan kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Muaro Jambi pada pemilihan serentak tahun 2017. Maka        KPU Kabupaten Muaro Jambi memberikan kesempatan luas kepada masyarakat yang memenuhi persyaratan untuk menjadi anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan suara (KPPS) Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Muaro Jambi Pada Pemilihan Serentak Tahun 2017 dalam wilayah Kabupaten Muaro Jambi. ‘’Untuk pendaftaran dilakukan di masing-masing Panitia Pemungutan Suara (PPS) di tingkat desa/kelurahan lokasi TPS yang dituju. Kemudian akan dilakukan seleksi administrasi, seleksi tertulis dan seleksi wawancara,’’ jelas Suparmin.
          ‘’Adanya tahapan seleksi yang berbeda dari perekrutan KPPS pada pemilihan dan pemilu sebelumnya merupakan wujud dari keterbukaan sesuai amanah UU Nomor 10 Tahun 2016,’’ tambahnya.
          Disinggung persyaratan bagi calon anggota KPPS, Suparmin menjawab antara lain, Warga Negara Indonesia, berusia paling rendah 25 (dua puluh lima) tahun, setia kepada Pancasila sebagai dasar Negara, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 dan cita-cita Proklamasi 17 Agustus 1945, mempunyai integritas, pribadi yang kuat, jujur dan adil, tidak menjadi anggota partai politik yang menyatakan dengan surat pernyataan yang sah atau paling kurang dalam jangka waktu 5 (lima) Tahun tidak lagi menjadi anggota Partai yang dibuktikan dengan surat keterangan dari Pengurus Partai Politik yang bersangkutan, berdomisili dalam wilayah kerja KPPS, mampu secara jasmani dan rohani, berpendidikan paling rendah SLTA (Sekolah Lanjutan Tingkat Atas) atau sederajat, tidak pernah dipidana penjara berdasarkan putusan Pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap karena melakukan tindakan pidana yang diancam dengan pidana penjara 5 (lima) tahun atau lebih, tidak pernah diberikan saksi pemberhentian tetap oleh KPU/ KIP/ Kabupaten/Kota atau DKPP dan belum pernah menjadi 2 (dua) kali periode sebagai anggota KPPS. ‘’Persyaratan sebagaimana dimaksud adalah anggota KPPS yang sudah menjabat dua kali periode berturut-turut dalam pelaksanaan pemilihan Gubenur, Bupati dan Walikota serta Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden serta Pemilihan Umum Legislatif pada Periode Pertama dimulai dari tahun 2005 hingga Tahun 2009 dan periode kedua dimulai pada tahun 2010 hingga Tahun 2014, periode ketiga dimulai Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur 2015 serta pembuktiannya dimuat dalam surat pernyataan dan dikonfirmasi dalam wawancara,’’ jawabnya. 
Sedangkan berkas yang harus dilampirkan saat pendaftaran, yakni fotocopi kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku, fotocopi ijazah terakhir, foto ukuran 4 x 6 sebanyak 6 (enam) lembar, surat keterangan kesehatan dari Puskesmas/Rumah Sakit, mengisi formulir pendaftaran dapat diambil di Sekretariat KPU Kabupaten Muaro Jambi, Sekretariat PPK seluruh Kecamatan dalam Kabupaten Muaro Jambi dan seluruh Sekretariat PPS di tingkat desa/kelurahan atau di website KPU Kabupaten Muaro Jambi di www.kpu-muarojambikab.go.id. ‘’Berkas dibuat 2 rangkap 1 asli dan 1 fotocopi dan pengembalian berkas dilakukan ke masing-masing Kantor Panitia Pemungutan Suara (PPS) di wilayah kerja KPPS yang dimaksud,’’ sambungnya.
‘’Adapun honorarium Ketua KPPS sebesar Rp 500.000,- dan anggota KPPS sebesar Rp 450.000,- yang akan dipotong pajak sesuai aturan yang berlaku. Sedangkan dalam pendaftaran dan seleksi KPPS ini tidak dipungut biaya,’’ tandas mantan Jurnalis ini.

Related Articles

0 comments:

Post a Comment

Popular

Powered by Blogger.

Streaming dan Facebook

Selamat Datang di radio gibel fm 99.7 sumber informasi, hiburan dan pendidikan dapat didengar lewat streaming dan Facebook; email radiogibelfm@gmail.com

Gadgets

Tunggu Untuk Download Hingga DETIK

About us